Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penulisan If Kondisi Javascript Yang Baik Dan Benar

Belajar Tipe Kondisional  If Expresion JavaScript codinglag.com

If kondisi adalah percabangan yang paling populer untuk penerapan suatu kondisi dibahasa pemerograman.Percabangan if kondisi telah banyak digunakan oleh bahasa pemrograman untuk melakukan suatu kondisi yang bercabang,

Belajar If kondisi javascript sederhana 

Untuk membuat if kondisi javascript sederhana anda perlu membuat sebuah variable,lalu buat if kondisi yang membungkus variable yang telah anda buat,setelah itu anda tinggal membuat perintah untuk mencetak if kondisi tersebut,

Untuk lebih mudahnya silahkan anda pahami penggalan kode dibawah ini

const nilaiUjian = 81;
    if (nilaiUjian >= 80) {
      document.writeln("<p>Good job : A </p>");
    }

Di dalam kode di atas pertama-tama kami membuat variable dengan nama nilaiUjian yang bernilai 81,setelah itu kami membuat if kondisi yang mepresentasikan nilai ujian lebih besar atau sama dengan 80,setelah itu kami mencetak kode tersebut dengan perintah document.writelen lalu membungkus perintah good job A.

Belajar else kondisional javascript

Else adalah sebuah perintah dalam program JavaScript untuk mengakhiri kondisi,jika semua kondisi tidak terpenuhi maka kondisi else akan dicetak

Perhatikan contoh else di bawah ini

    //else kondisi
    }else {
      document.writeln("<p>Next Tray</p>");
    }

Else tersebut akan dicetak jika semua kondisi tidak terpenuhi,Untuk menjalankanya kalian cukup menulis else yang diapit dua kurung kurawal lalu tulis pernitah untruk mencetak nilai tersebut.

Belajar else if kondisi javascript 

Else if adalah sebuah kondisional javascript untuk membuat beberapa kodisi,pembuatan else if sangat berguna jika kalian ingin membuat beberapa kondisi.

Untuk membuat kondisi else if kalian hanya perlu menulis perintah else if setelah penulisan kondisi if.Untuk lebih jelasnya silahkan simak kode dibawah ini.

   //if kondisional
    const nilaiUjian = 66;

    if (nilaiUjian >= 80) {
      document.writeln("<p>Good job : A </p>");
      //else if kondisi
    }else if(nilaiUjian >=70){ //else if harus dibuat setelah kondisi if
      document.writeln("<p>Good job : B </p>");
    }else if(nilaiUjian >=60){
      document.writeln("<p>Goodjob : C </p>")
    }
    //else kondisi
    else {
      document.writeln("<p>Next Tray</p>");
    }

Dalam kode diatas else if pertama menjelaskan kondisi jika nilai ujian lebih besar atau sama dengan dari 70 maka Good Job : B akan dicetak.Sedangkan else if kedua menjelaskan kondisi jika nilai ujian lebihbesar atau sama dengan dari 60 maka Good Job : C akan dicetak.

Kesimpulan

If kondisi adalah sebuah logika kondisional yang hampir digunakan oleh semua bahasa pemerograman di dunia,walaupun kode perintah if nya berbeda-beda,namun tujuanya tetap sama yaitu untuk membuat sebuah kondisi.

Posting Komentar untuk "Cara Penulisan If Kondisi Javascript Yang Baik Dan Benar"