Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Blockchain? Pengertian, Fungsi,Cara Kerja dan Masa Depanya


Apa itu blockchain?

Blockchain adalah sebuah sistem baru yang memungkinkan pencatatan transaksi keuangan secara terdesentralisasi dan transparan.Jika diartikan kedalam bahasa indonesia Blockhain artinya"Blok rantai".Berbeda dengan sistem keuangan tradisional yang terpusat, di mana informasi dan data dikendalikan oleh pihak otoritas, blockchain memungkinkan setiap anggota yang tergabung dalam jaringan dapat memiliki salinan asli dari database yang disebut "ledger" atau buku besar.

Berikut perusahaan yang menerapkan blockhain sebagai sistem utama:

  • IBM,perusahaan terbesar dibidang IOT dan AI yang berpusat di New Yourk Amerika 
  • Binance,perusahaan cryptocurrency yang cukup populer telah sejak lama mempercayakan blockhain sebagai sistem keuangan mereka.
  • Ripple,perusahaan aset diginal(cryptocurrency) juga menggunakan blockhain sebagai sistem keuangan mereka

Bagaiman cara kerja blockchain?

Cara kerja blockhain seperti buku kas digital yang transparan sehingga semua orang dapat mengetahui setiap transaksi yang terjadi,setiap transaksi akan dicatat secara otomatis kedalam blok dalam rantai secara kronologis. Setiap Blockchain memiliki informasi unik yang mencakup data transaksi,waktu trasaksi, dan tanda tangan digital yang mengamankan integritasnya.

Mengapa pengguna blockchain semakin banyak?

Blockhain sudah teruji akan keamanannya,sehingga nformasi dalam blockchain tidak dapat dirubah dan dihapus secara mudah,karena menggunakan sistem saling berhubungan dengan data masa lampau dan masa depan.

Masa depan blockhain?

Blokhain memiliki potens yang sangat besar di masa depan karetna bukan hanya terbatas pada cryptocurrency, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai industri dan berbagai tranasksi keuangan, logistik, kesehatan, jual beli,manufaktur. Bockchain menjamin  proses tranaski bisnis lebih efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas sehingga meminimalisir korupsi.

Seberapa Pesat Perkembangan Blockhain?

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah melihat banyak inovasi dan proyek yang menggunakan teknologi blockchain. Konsep seperti "smart contract" memungkinkan pelaksanaan otomatis dari perjanjian tanpa perantara. Sementara itu, "tokenisasi" memungkinkan aset nyata, seperti properti atau saham perusahaan, diwakili dalam bentuk digital.

Perkembangan blockchain sangat mengerikan dan menarik. Dengan kemajuan ai  penggunaan blockchain semakin luas dan  terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Blockchain? Pengertian, Fungsi,Cara Kerja dan Masa Depanya"